Guna mendukung program pemerintah dalam percepatan vaksinasi, Pemerintah Kabupaten Kuningan melalui STIKes Muhammadiyah Kuningan (STIK MK) bekerja sama dengan Dinas Kesehatan, Puskesmas Sukamulya dan Ikatan Apoteker Indonesia Cabang Kuningan menyelenggarakan kembali Vaksinasi Grebeg Kelurahan dan Grebeg Komunitas Dosis Kedua yang serentak dilakukan di STIK MK pada hari Selasa (16/11/2021) dan dimulai pukul 08.00 WIB.

Kegiatan vaksinasi dosis kedua ini merupakan tindak lanjut dari vaksinasi dosis pertama yang di selenggarakan pada Senin, 16 Agustus 2021 lalu yang bertempat juga di STIK MK. Jenis Vaksin yang diberikan yaitu jenis vaksin Astrazeneca dan di targetkan sebanyak 1000 dosis, karena di sasarkan untuk masyarakat umum yang sudah melakukan vaksinasi dosis tahap ke satu di STIK MK dan Kelurahan Cigugur, sehingga dosis tahap ke dua ini di perbanyak menjadi 1000 dosis.

Berbeda dengan program vakasinasi pertama yang di selenggarakan dalam rangka memeriahkan gebyar Milad STIK MK, program vaksinasi tahap kedua ini menjadi salah satu program dari kegiatan ORMAWA yaitu dalam rangka memeriahkan Gebyar Hari Kesehatan Nasional (HKN) 2021 dan Milad Muhammadiyah yang ke 109, sebelum nya juga sudah menyelenggarakan kegiatan donor darah yang di laksanakan pada Sabtu 06 November 2021.

Selain itu, program pemberian vaksinasi ini juga sebagi tindak lanjut dari vaksinasi tahap pertama dan bertujuan untuk membantu program pemerintah untuk mencapai herd immunity. Diharapkan juga vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Kuningan dapat memenuhi target yang telah ditentukan pemerintah, yang bertujuan demi terbentuknya kekebalan kelompok (herd immunity) di masyarakat dapat segera tercapai. (23)