Dalam rangka Memeriahkan Gebyar milad 3rd STIKES Muhammadiyah Kuningan, dan dalam rangka membantu program Pemerintah dalam upaya mencegah terjadinya penularan dan keparahan gejala COVID-19,  Ormawa STIKES-MK menggelar Vaksinasi Massal COVID-19 Grebeg Kelurahan & Grebeg Komunitas yang di laksanakan pada hari Senin, 16 Agustus 2021 di STIKES Muhammadiyah Kuningan, diikuti kurang lebih 500 orang, dari berbagai daerah dan termasuk mahasiswa STIKES itu sendiri,
Pelaksanaan vaksinasi berjalan dengan lancar, dimulai pukul 08.30 s/d 13.00 petugas sudah melakukan vaksinasi kurang lebih 500 orang.2 hari sebelum vaksinasi Covid-19 peserta mendaftar terlebih dahulu melalui Google Form yang telah di sediakan oleh panitia dan dalam jangka waktu kurang dari 2 jam slot pemdfataran sudah terisi penuh.

Vaksinasi Covid-19 yang di gelar di STIKES Muhammadiyah Kuningan ini merupakan kerja sama antara STIKES Muhammadiyah Kuningan dengan Dinas Kesehatan Kab. Kuningan, Ikatan Apoteker Indonesia Kab. Kuningan, Ikatan Dokter Indonesia Kab. Kuningan, UPTD Puskesmas Darma dan UPTD Puskesmas Sukamulya.

Program pemberian vaksinasi ini bertujuan untuk mengurangi resiko terhadap paparan Covid-19 dan salah satu upaya untuk meningkatkan capaian vaksinasi dan membentuk herd immunity karena Vaksinasi atau imunisasi bertujuan untuk membuat sistem kekebalan tubuh seseorang mampu mengenali dan dengan cepat melawan bakteri atau virus penyebab infeksi.

Penulis : Milda Purnami