Rabu, 29 September 2021, para pimpinan STIKes Muhammadiyah Kuningan (STIKMK) telah melaksanakan Sosialisasi Kerjasama STIKMK dengan BTNGC di dua desa yakni Desa Cisantana dan Desa Puncak, yang bertemakan tentang pemanfaatan tanaman obat dan dilanjutkan dengan pemasangan plang di kawasan Talaga Surian. Karena acara berlangsung di dua tempat maka Ketua STIKMK Bpk. apt. Wawang Anwarudin, M. Sc dan Wakil Ketua II Bpk. Sukisno, M. Pd melaksanakan Sosialisasi di Desa Puncak sedangkan Wakil Ketua I Ibu apt. Imas Maesaroh, M. Farm melaksanakan Sosialisasi di Desa Cisantana dengan beberapa civitas akademika lainnya. Sosialisasi ini di hadiri langsung oleh Kepala BTNGC, yaitu Bapak. Rahmat Hidayat, S. Hut, M. Si. Kepala Desa Cisantana, Bpk. Ano Suratno,A.Md. Kepala Desa Puncak Bpk. Mustopa, S. Pt, masyarakat setempat dan pemerintah desa setempat.

Tujuan dari sosialisasi ini karena sebelumnya sudah melakukan tandatangan MoU dengan BTNGC sekitar tiga bulan yang lalu maka dilakukan sosialisasi untuk mempercepat optimalisasi pengelolaan kawasan, meningkatkan partisipasi aktif stakeholder yang ingin turut serta dalam kegiatan konservasi. Tujuan dari MoU itu sendiri sebagai penguatan fungsi kawasan melalui kegiatan pengembangan, pemanfaatan dan konservasi tumbuhan obat di seksi pengelolaan Taman Nasional Wilayah I Kuningan, Taman Nasional Gunung Ciremai.

Lokasi kerjasama STIKMK di Wilayah 1 Kuningan yaitu berada di pintu masuk Talaga Surian dengan luas kurang lebih 25Ha (Zona Rimba : 10Ha, Zona Rehabilitasi : 15Ha) Untuk meneliti tumbuhan obat di kawasan talaga Surian, diusahakan hanya memerlukan sedikit hal ini di lakukan untuk menghindari kepunahan tanaman. Diharapkan juga kegiatan ini, tidak hanya sebagai penelitian saja tapi juga merupakan wujud pengabdian dan penyuluhan yang melibatkan masyarakat.

Pihak pengelola Palutungan memberikan apresiasi yang sebesar-besarnya untuk kerja sama ini “Mari kita sama-sama membantu pemanfaatan gunung Ciremai yg merupakan titipan untuk kita semua, mari bersinergi bersama kami. ” ucapnya dalam sesi diskusi tadi. Selain itu, UKM MAPALA STIKMK juga akan turut siap membantu menjalankan aktivitas nantinya sehingga dapat terpantau dalam segala kegiatannya.

Di akhir acara, Ketua STIKMK beserta perwakilan dari BTNGC, langsung mendatangi lokasi untuk pemasangan plang yang merupakan sebuah simbol dari kerjasama antara STIKMK dengan BTNGC.

Penulis :
Milda Purnamii
Anita Safira