Unit Kegiatan Mahasiswa Pecinta Alam telah melaksanakan Pendidikan dan Latihan Dasar ke II (DIKLATSAR) dengan tema “Ekspedisi, eksplorasi, pendidikan dan latihan dasar dengan menjunjung tinggi rasa kemanusiaan guna menciptakan regenerasi yang peduli lingkungan”. Kegiatan ini meliputi eksplorasi, survival, malam keakraban, serta pelantikan dan penyematan syal kepada anggota baru UKM MAPALA STIK MK. Kegiatan ini di selenggarakan di Bumi Perkemahan Talaga Surian selama 3 hari.

Kegiatan ini adalah suatu kegiatan Pendidikan dan Latihan Dasar Cinta Alam yang melatih mental, pengaplikasian materi ruangan serta materi lapangan dan pembentukan karakter.

Di hari terakhir peserta dilantik sebagai Anggota Mapala dengan simbolis diberikannya scarf berwarna hitam.  Acara ini merupakan kegiatan tahunan yang digagas oleh Anggota UKM Mapala dan ini merupakan tahun kedua kalinya diadakan acara Pendidikan dan Latihan Dasar.

Tujuan dari acara ini adalah pembentukan karakter agar tangguh dilapangan dan di dalam ruangan serta dapat mengaplikasikan materi yang telah dipelajari.