Selasa, 4 Agustus 2020 STIKes Muhammadiyah Kuningan menghadiri undangan untuk membahas MoU bersama Balai Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC). Pertemuan pembahasan MoU ini di hadiri oleh Bapak Apt. Wawang Anwarudin, M.Sc selaku Ketua STIKes Muhammadiyah Kuningan berserta jajarannya. Bapak Kuswandono, S.Hut., MP selaku Kepala Balai TNGC beserta jajarannya dan dipandu langsung oleh Kepala Seksi Kolaborasi Kawasan Konservasi Direktorat Pemolaan dan Informasi Kawasan Konservasi (PIKA) Direktorat Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem (KSDAE), Bambang S. Jati.

Saat rapat berlangsung yang dipandu oleh Bapak Jati “Saya teringat di bulan Februari 2020 saat awal mula adanya COVID-19, mungkin kami sudah membahas hal serupa di B2P2TOOT Kementrian Kesehatan dan kebetulan ruang lingkup pembahasan nya hampir sama dengan yang disampaikan didalam proposal STIKes Muhammadiyah Kuningan, walaupun memang ada beberapa yang berbeda”. Hal ini menunjukkan bahwa nantinya lahan yang akan dikelola oleh STIKes Muhammadiyah Kuningan sebagai tempat tanaman Herbal akan bermanfaat bagi masyarakat kuningan, khususnya warga di sekitas lokasi. Selain itu, beliau juga mengingatkan bahwa setelah penandatanganan perjanjian harus sudah siap RPP untuk pelaksanaan Perjanjian Kerja Sama (PKS) ini.

Menurut Bapak Apt. Wawang Anwarudin M.Sc bahwa usulan perjanjian kerja sama yang akan dilakukan ini yakni untuk menunjang Tri Dharma Perguruan Tinggi. Selain pendidikan, Perguruan Tinggi juga dituntut untuk melakukan penelitian, serta pengabdian kepada masyarakat. Menurutnya ketika nanti MoU ini sudah ditandatangani maka STIKes Muhammadiyah akan berusaha semaksimal mungkin untuk mengolah lahan yang berkerjasama dengan pihak Balai TNGC, yakni dengan melakukan budidaya tanaman Herbal dimana nantinya akan digunakan sebagai tempat penelitian baik oleh mahasiswa maupun dosen STIKes Muhammadiyah Kuningan. Hasil penelitian diharapkan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar sekaligus sebagai tempat pendidikan untuk memberikan edukasi dimana anak-anak sekolah dibidang Kesehatan khususnya farmasi akan lebih mengenal apa itu tanaman Herbal serta manfaatnya bagi masyarakat terutama masyarakat sekitar.

Hal ini menunjukkan bahwa keseriusan Ketua STIKes Muhammadiyah Kuningan untuk melakukan pengembangan SDM Kampus STIKes Muhammadiyah Kuningan terutama dosen-dosen dan mahasiswa dalam bidang penelitian serta pengembangan kepada masyarakat sesuai dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Hal serupa juga disampaikan oleh Bapak Kuswandono, S.Hut., MP selaku Kepala Balai, bahwa untuk pengelolaan Kawasan di Taman Nasional Gunung Ciremai tidak hanya tugas dari Balai TNGC sesuai dengan ketentuan dan aturan yang ada. Untuk itu pihak Balai TNGC melakukan berbagai kerja sama dengan STIKes Muhammadiyah Kuningan sebagai salah satu pihak yang mengelola kawasan yang ada di TNGC sebagai pengembangan baik dari budidaya tanaman Herbal maupun penelitian.