STIKes Muhammadiyah Kuningan melalui BEM dan PK IMM STIKES Muhammadiyah Kuningan menyelenggarakan Kegiatan MASTAMABA (Masa Ta’aruf Mahasiswa Baru) atau PKKMB tahun akademik 2021/2022 secara Offline. MASTAMABA (Masa Ta’aruf Mahasiswa Baru) 2021 STIKes Muhammadiyah Kuningan dilaksanakan selama 5 hari mulai tanggal 13-18 September 2021, dilakukan secara full offline di Aula Lt.3 STIKes Muhammadiyah Kuningan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan, dan mengusung tema “Menuju Perubahan Bersama Untuk Menciptakan Pribadi Yang Kreatif, Disiplin dan Berbudi Pekerti Luhur”.

Meskipun kegiatan ini dilaksanakan secara Offline tetapi tetap menjalankan protokol kesehatan dengan tegas dan seluruh peserta sudah melakukan vaksinasi dan swab antigen. Diikuti oleh kurang dari 100 orang mahasiswa baru jenjang D3 dan S1 Farmasi, para Camaba berantusias mengikuti rangkaian kegiatan MASTAMABA 2021 dari hari pertama hingga hari terakhir dengan baik.

Ketua STIKES Muhammadiyah Kuningan, Bpk. apt. Wawang Anwarudin, M.Sc menyampaikan dalam sambutannya bahwa menciptakan pribadi yang kreatif itu sejalan dengan visi dan misi STIKes Muhammadiyah Kuningan. Cara kita membangun kratifitas akan muncul secara sendirinya melalui kegiatan mahasiswa dan mahasiswa yang berkualitas adalah mahasiswa yang kreatif. Tetap semangat dan tetap kreatif mengikuti MASTAMABA ini untuk meningkatkan kualitas diri. Acara ini dibuka secara langsung oleh ketua STIKes Muhammadiyah Kuningan, Bapak apt. Wawang Anwarudin, M.Sc dan ditandai dengan penyematan papan nama kepada Calon Mahasiswa Baru. Di lanjutkan dengan pemberian motivasi untuk mahasiswa baru oleh motivator yaitu Bapak Ari Mohamad Ridwan, S. Pd. I., MM., CH., CHt., CLMA, C. PS., C. STMI Intnl.

Hari Ke 1 sampai hari ke 3 MASTAMABA (Masa Ta’aruf Mahasiswa Baru) 2021 STIKes Muhammadiyah Kuningan di isi dengan beberapa menyampaian materi yang di sampaikan secara langsung oleh pemateri baik pemateri Internal maupun Eksternal, para panitia pun tetap memantau dan memastikan agar seluruh Calon Mahasiswa Baru tetap mengikuti kegiatan ini sampai dengan selesai. Hari ke 4 MASTAMABA 2021 diisi dengan kegiatan UKM EXPO yang mana di dalamnyq merupakan pengenalan seluruh Unit Kegiatan Mahasiswa yang ada di STIKES Muhammadiyah Kuningan. Beberapa UKM mempresentasikan profile nya dan menampilkan kreatifitas dari UKM nya masing-masing, sekaligus open recruitmen anggota baru dari seluruh Unit Kegiatan Mahasiswa. Hari terakhir MASTAMABA 2021 diisi dengan kegiatan Outbond, yang bertempatkan di Bumi Perkemahan Palutungan, dimulai pukul 07.00 sampai dzuhur dan dilanjutkan dengan kegiatan pentas seni dari setiap kelompok Calon Mahasiswa Baru. Tak lupa meskipun kegiatan dilaksanakan secara offline dan di luar area kampus, Tim Gugus Covid Panitia selalu menegaskan upaya protokol kesehatan, tidak hanya bagi mahasiswa baru saja tetapi kepada seluruh jajaran panitia juga.

Setelah Outbond dan Pentas Seni selesai dilanjutkan dengan penutupan MASTAMABA 2021 secara resmi oleh Bpk. apt. Wawang Anwarudin, M. Sc Ketua STIKES MK dan ditandai dengan penyemapatan Jas Almamater kepada Mahasiswa Baru sebagai tanda bahwa selurh CAMABA sudah resmi menjadi bagian dari STIKes Muhammadiyah Kuningan. Berbeda dari metode MASTAMABA pada tahun sebelumnya, yakni yang menekankan dan difokuskan kepada upaya memperkenalkan simulasi interaksi Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), maka tahun ini dapat interaksi sosial secara langsung dengan lingkungan kampus dan civitasnya.

Dengan demikian, para mahasiswa baru dapat mempersiapkan diri secara matang untuk menjalani kehidupan akademik. “Selamat datang kepada calon mahasiswa baru 2021. Berbicara mahasiswa, berbeda dari siswa atau pelajar. Bukan hanya berbicara tentang akademik, mahasiswa lebih dari sekedar itu. Sebab dia akan dihadapi dengan persoalan akademik, tanggung jawab moral, tanggung jawab sosial yang memiliki nilai di kampus dan masyarakat” Tambah Fiqri Alvian, selaku Ketua Pelaksana MASTAMABA 2021

Penulis : Milda Purnamii