1. Organisasi Mahasiswa STIKes Muhammadiyah Kuningan (STIK MK) bekerjasama dengan PMI Kab. Kuningan mengadakan Donor Darah dalam rangka memeriahkan Gebyar Hari Kesehatan Nasional (HKN) 2021 kegiatan ini dilaksanakan di Aula STIK MK pada Sabtu (06/11/21).

    Banyaknya mahasiswa/i serta staff dosen STIK MK yang berpartisipasi mendonorkan darahnya. Meskipun adanya ketakutan yang dirasakan karena hal ini merupakan pengalaman pertama bagi mahasiswa/i STIK MK, akhirnya mereka pun berhasil mendonorkan darahnya.
    Kegiatan ini tak hanya untuk civitas STIK MK saja, namun juga bisa untuk siapa saja yang mau menyumbangkan darahnya. Dari 40 peserta yang mendaftar, alhamdulillah mendapatkan 24 kantong darah, karena pada saat pelaksanaan cuaca kurang mendukung. Acara ini berakhir hingga pukul 11.00.


    Setiap orang yang sehat dapat memberikan darah mereka kepada orang lain. Persyaratan yang harus dipenuhi yaitu usia 18-65 tahun dan berat badan setidaknya 50 kilogram. Orang yang mendonorkan darah juga tidak boleh mengonsumsi obat dalam beberapa hari terakhir serta tidak dalam keadaan sakit. Memiliki tidur yang cukup (tidak begadang) tidur minimal 6 jam.

    Donor darah ini merupakan program kerja Organisasi Mahasiswa STIK MK yang bertujuan untuk mendorong lebih banyak orang untuk menyumbangkan darah secara teratur dan sebagai bentuk empati kepada masyarakat yang membutuhkan tranfusi darah.

    Pihak kampus khususnya Bidang Kemahasiswaan dan Akademik Kampus STIK MK sangat mendukung penuh acara mahasiswa tersebut selama memiliki output dan manfaat yang luar biasa bagi kampus dan masyarakat sekitar. Semoga dengan acara tersebut dapat menjadi sarana promosi dan sosialisasi keberadaan STIK MK sebagai salah satu perguruan tinggi yang berkualitas di wilayah Kabupaten Kuningan.