CBLP merupakan program unggulan yang diselenggarakan oleh STIKes
Muhammadiyah Kuningan dalam rangka pengembangan diri mahasiswa agar memiliki karakter dan jiwa kepemimpinan yang baik.

Dalam menghadapi era revolusi 4.0 sumber daya manusia Indonesia harus memiliki kompetensi lebih agar mampu bersaing dengan sumber daya manusia bangsa lain khususnya mahasiswa yang dikenal dengan masyarakat intelektual.

Intelegensi atau kecerdasan yang dimiliki mahasiswa perlu dibangkitkan agar tidak terlena dengan teknologi yang semakin canggih. Oleh karena itu, bagian program kreativitas mahasiswa dan alumni bermaksud membuat sebuah kegiatan dalam rangka mengembangkan soft skill mahasiswa melalui program CBLP.

Kegiatan CBLP ini berlangsung selama 4 hari dimulai pada  tanggal 12 – 15 Agustus 2021, di ikuti oleh seluruh mahasiswa D3 dan S1 Farmasi baik tingkat satu, tingkat dua dan tingkat 3.

Pembukaan kegiatan CBLP ini di laksanakan pada hari Kamis, 12 Agustus 2021 yang di hadiri oleh Ketua STIKES Muhammadiyah Kuningan dan Bagian Program Kreativitas Mahasiswa dan Alumni (BPKM & Alumni). Berbeda dengan tahun sebelum nya CBLP 1 dan 2 kali ini dilaksanakan secara online via Zoom Meeting, karena mengingat masih dalam kondisi PPKM dan demi memutus mata rantai COVID-19.

Dalam sambutannya, ketua STIKES Muhammadiyah Kuningan, Apt. Wawang Anwarudin, M. Sc menyampaikan ” pada intinya CBLP ini wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa untuk membangun karakter dan kepemimpinan mahasiswa STIK-MK dan akan menjadi salah satu program unggulan kampus STIK MK”

Selain acara pembukaan CBLP 1 dan 2, pada hari kamis juga dilaksanakannya pemberian materi ke-1 dan materi ke-2 untuk mahasiswa tingkat 1 dan 2. Materi pertama di sampaikan oleh Hafizah Islami Rahmadina (Peraih Gold Medali PIMNAS PKM-K 32) dengan tema “Mahasiswa Berprestasi” dan materi ke-2 disampaikan oleh bpk. Samiaji, Lc (Kepala BPAIK STIKes Muhammadiyah Kuningan) dengan tema “Etika Belajar dan Manajemen Waktu”.

Pembukaan dan Pemberiaan materi kali ini berjalan dengan sangat lancar, hanya saja terkendala oleh signal.

Kemudian dilanjutkan dengan pemberian materi ke-3 pada hari Jum’at 13 Agustus 2021 yang di sampaikan oleh Ibu Sri Haryati, SE, M. Ag (Asosiasi Talent Mapping Indonesia) dengan tema “Mengenal Potensi Diri”.

CBLP 1 telah selesai dilaksanakan dan wajib diikuti oleh mahasiswa D3, dan S1 Farmasi, tingkat 1 dan tingkat 2, sedangkan CBLP 2 wajib diikuti oleh mahasiswa D3 dan S1 Farmasi tingkat 2 dan tingkat 3.

Dilanjut pada hari Sabtu, 14 Agustus 2021 CBLP 2 dilaksanakan dengan pemberian materi yang disampaikan oleh Drs. Ojo Utarja, M. Hum dengan tema “Mengelola Kecerdasan Intelektual, Emosional dan Spiritual” dan materi ke dua disampaikan oleh Kang Sandi Yunus selaku alumni Ketua PC IMM Kab. Kuningan dengan tema “Peran mahasiswa sebagai Social Control & Agent of change

Pemberian materi ini bertujuan agar mahasiswa mampu mengontrol kecerdasan nya dan dapat menerapkan Tri Darma perguruan tinggi.

1 hari terakhir CBLP 2 di laksanakan pada hari Minggu 15 Agustus 2021, dengan pemberian materi yang di sampaikan oleh ketua BPKM & Alumni yaitu ibu Nourma Nurjanah, S.KM dengan tema “Komunikasi Efektif” dan sekaligus penutupan kegiatan CBLP

Penulis : Milda Purnami