STIKes Muhammadiyah Kuningan

Jl. Raya Pangeran Adipati No. D4 Kel. Cipari Kec. Cigugur Kab. Kuningan

Islami, Inovatif & Berkualitas

LEADERSHIP TRAINING PIMPINAN PERGURUAN TINGGI MUHAMMADIYAH (PTM) ANGKATAN KE IV

Kamis, 25 Juli 2019 ~ Oleh M. Fickry ~ Dilihat 143 Kali

Lingkungan perguruan tinggi terus berubah menghadapi berbagai tuntutan lingkungan dalam lingkup nasional maupun internasional. Kebijakan pemerintah Indonesia dalam pengembangan pendidikan tinggi terus mengalami perubahan. Diantaranya, kebijakan pemerintah membuka peluang beroperasinya perguruan tinggi asing di Indonesia. Perubahan ini tentu akan melahirkan kebijakan baru dan tantangan baru terkait dengan masa depan perguruan tinggi Indonesia terutama perguruan tinggi swasta.

Pada arus internasional, masyarakat dunia sedang menghadapi fenomena disruption (disrupsi) disegala aspek. Disrupsi membuat dunia menjadi tidak lagi linear, penuh inovasi, dan penuh pemanfaatan tehnologi. Termasuk digitalisasi sistem pendidikan menjadi tantangan terbesar bagi perguruan tinggi masa kini untuk tetap bertahan. Inovasi-inovasi teknologi dibidang pendidikan seperti Massive Open Online Course (MOOC) dan Artificial Intelegen (AI) telah mampu menjadikan pendidikan semakin terbuka dan dapat diakses dengan sangat mudah. Keberadaan pengajar dan kelas secara fisik semakin tidak relevan. Perguruan tinggi di Indonesia harus menyiapkan armadanya untuk menghadapi era baru ini.

Kondisi ini mau tidak mau juga akan dihadapi oleh Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) salah satunya adalah STIKes Muhammadiyah Kuningan (STIK-MK) kedepan sehingga diperlukan kepemimpinan yang memadai dan tangguh menghadapi berbagai tantangan yang ada. Untuk itu Majelis Dikti PP Muhammadiyah menyelenggarakan “Leadership Training Pimpinan PTM IV” yang diselenggarakan di The Jayakarta Hotel, Jl. Laksda Adisucipto Km 8, Maguwoharjo, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Yogyakarta pada tanggal 15 s.d. 21 Juli 2019 sebagai upaya untuk menemukan model kepemimpinan PTM yang mampu melahirkan pemimpin-pemimpin perguruan tinggi yang sigap menghapi tuntutan perubahan tetapi juga memahami dinamika dan nilai-nilai dasar persyarikatan. Leadership Training ini merupakan model pelatihan baru di lingkungan PTM yang akan terus dikembangkan baik dari sisi kurikulum maupun metodenya sebagai ikhtiar untuk menyiapkan regenerasi pimpinan PTM menghadapi tantangan masa depan.

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT