STIKes Muhammadiyah Kuningan

Jl. Raya Pangeran Adipati No. D4 Kel. Cipari Kec. Cigugur Kab. Kuningan

Islami, Inovatif & Berkualitas

STIKES MUHAMMADIYAH KUNINGAN KERJA SAMA DENGAN EXSIMPRO UNTUK TINGKATKAN SDM DI BIDANG PENELITIAN

Rabu, 24 Juli 2019 ~ Oleh M. Fickry ~ Dilihat 205 Kali

Kebutuhan yang semakin meningkat terhadap data dan informasi untuk pengambilan keputusan dengan teknologi yang semakin canggih, menuntut pengambil kebijakan bisa memahami dan menggunakan hal tersebut. Untuk itu STIKes Muhammadiyah Kuningan (STIK-MK) bekerjasama dengan EXSIMPRO mengadakan pelatihan software “Metode Pengambilan Keputusan (Kebijakan Strategik) dengan Interpretative Structural Modelling (ISM) dan Geografic Information System (GIS)

Menurut Dr, Irman Firmansyah selaku Direktur EXSIMPRO dan juga pemateri dalam pelatihan ini mengatakan, bahwa metode pengambilan keputusan cukup banyak yang bisa digunakan tergantung dari kebutuhan analisis dalam penelitian/kajian yang akan dilakukan. Salah satu metode adalah Interpretative Structural Modelling (ISM). Pemilihan tools analisis menjadi lebih mudah dengan menggunakan software EXSIMPRO (EXpert SIMulation PROgramme) Software. Yang lebih penting dalam sebuah riset adalah bagaimana mengkombinasikan alat analisis dalam menemukan benang merahnya untuk membuat skenario dalam pengambilan keputusan.

Pelatihan ini dilaksanakan selama dua hari, yaitu pada tanggal 22 dan 23 Juli 2019 yang bertempat di ruang pertemuan STIK-MK. Tujuan dari pelatihan ini adalah untuk membantu peneliti dan pengambil kebijakan dalam mengambil keputusan dari penelitian atau kebijakan berdasar ilimiah. Pelatihan ini diikuti dari pihak internal STIK-MK  (Dosen dan pimpinan) serta pihak eksternal (Perguruan Tinggi lain dan Rumah Sakit) yang ada di Kuningan.

Bapak Wawang Anwarudin M.Sc.,Apt selaku Ketua STIK-MK dan penyelenggara pelatihan ini mengharapkan dapat memberikan pencerahan dan manfaat bagi peserta sehingga bisa diaplikasikan dalam penelitiannya dan dalam pengambilan keputusan / kebijakan secara ilmiah untuk memberikan manfaat kepada masyarakat.

Ibu Haty Latifah Priatni, M.Farm selaku Ketua LPPM STIK-MK mengatakan pelatihan ini  bermanfaat sekali untuk dosen karena berhubungan dengan penelitian-penelitian dan dalam pelatihan ini kita bisa menentukan kendala dan mengambil keputusan. Dan semoga dengan pelatihan ini bisa memicu adrenalin para dosen STIK-MK khususnya dan seluruh peserta pada umumnya untuk lebih banyak lagi menulis. (Fickry)

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT